Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kecantikan

Advertisemen
Bawang putih sudah dikenal memiliki khasiat untuk kecantikan sejak ribuan tahun yang lalu. Bawang putih dapat dimanfaatkan sebagai antibiotik, antivirus, antijamur, antiseptik dan bahan pembasmi kuman. Bawang putih juga merupakan antioksidan yang bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas.

Bawang putih dikenal sebagai diuretik yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai antiinflamasi pada kulit. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menggunakan bawang putih dalam mengatasi masalah kecantikan, tetapi cara yang paling umum adalah dengan menggunakannya sebagai bumbu masakan.

Cara lain yang dapat dilakukan guna mendapatkan khasiat bawang putih untuk kecantikan adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung atau dengan cara menghancurkan dan mememarkan bawang putih, lalu dioleskan pada daerah yang mengalami gangguan. Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kecantikan.

Menghilangkan jerawat

Cara menghilangkan jerawat dengan bawang putih adalah dengan menghaluskannya dan menambahkannya dengan cuka. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran bawang putih dan cuka tersebut pada daerah yang terkena jerawat. Bawang putih akan bersifat antibiotik, antijamur, antiseptik dan antikuman sehingga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Bawang putih juga bersifat antioksidan yang dapat membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu menghilangkan infeksi. Sedangkan cuka akan berguna untuk menyeimbangkan kadar pH kulit Anda.

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih untuk Kecantikan

Mengatasi rambut rontok

Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Haluskan bawang putih lalu oleskan pada rambut yang mengalami kerontokan. Gunakan sebelum tidur dan biarkan sampai pagi lalu cuci dengan menggunakan air bersih. Ulangi proses ini untuk sampai beberapa minggu.

Mengobati infeksi jamur

Untuk mengobati infeksi karena jamur dapat menggunakan bawang putih mentah. Ambil bawang putih lalu memarkan. Setelah itu tempelkan pada daerah yang terkena jamur, tutup dengan kasa dan biarkan hingga semalam. Ulangi proses ini sampai kemerahan dan gatal-gatal benar-benar sembuh.

Menyembuhkan luka

Jika memiliki luka, memarkan bawang putih lalu tempelkan pada daerah yang luka. Bawang putih akan memberikan rasa yang menyengat, tetapi akan membantu menyembuhkan luka lebih cepat dan mencegah terjadinya infeksi.

Menghilangkan iritasi kulit

Iritasi kulit yang biasanya berwarna merah dan gatal dapat dihilangkan atau disembuhkan dengan menggunakan bawang putih. Memarkan atau hancurkan bawang putih, lalu oleskan pada daerah yang terkena iritasi. Lakukan secara terus menerus hingga iritasi kulit tersebut sembuh atau hilang.

Bawang putih selain biasa digunakan untuk penyedap masakan, ternyata bawang putih juga berkhasiat untuk kecantikan. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa harus berkonsultasi dengan dokter kecantikan.

Demikian manfaat dan khasiat bawang putih untuk kecantikan ini, semoga dapat menambah wawasan kita semua. Amin ya robbal ‘alamin.

Sumber: Khasiat bawang putih
Advertisemen