Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Advertisemen
Bawang putih telah lama dikenal sebagai obat kesehatan alami yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bawang putih juga mudah ditemukan di berbagai negara. Meskipun cara paling mudah untuk mengkonsumsi bawang putih adalah dengan mencampurnya dalam makanan sebagai bumbu masakan, tetapi bawang putih juga dapat dikonsumsi atau dimakan secara langsung. 

Anda tidak perlu takut untuk mengkonsumsi bawang putih karena sangat baik untuk kesehatan, asalkan tidak berlebihan. Orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi satu siung bawang putih dua atau tiga kali sehari, sedangkan untuk anak-anak seperempat sampai setengah siung, sekali atau dua kali sehari.

Seperti yang akan dijelaskan di bawah ini, selain menjadi bumbu masakan untuk hampir setiap masakan, bawang putih juga memiliki beberapa khasiat dan manfaat untuk kehidupan kita sehari-hari. Ketika digunakan untuk tujuan pengobatan, bawang putih dapat membantu untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui bagaimana bawang putih dapat membantu kesehatan Anda, baca khasiat dan manfaat bawang putih untuk kesehatan berikut ini.

#1 Bawang putih dapat digunakan untuk menambah berat badan bayi saat masih berada dalam kandungan. Anda dapat memiliki bayi dengan berat badan ideal dengan rutin mengkonsumsi bawang putih kecuali jika bayi Anda sudah terlalu besar, kemungkinan hal ini juga disebabkan karena Anda terlalu banyak mengkonsumsi bawang putih.

#2 Bawang putih juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu untuk menyembuhkan batuk, gangguan pernafasan, flu dan pilek. Caranya adalah dengan makan satu siung bawang putih yang telah dicelupkan ke dalam madu terlebih dahulu. #3 Bawang putih mengandung yodium yang tinggi, hal tersebut membuatnya menjadi obat yang sangat efektif untuk hipertiroid. Pengobatan dengan bawang putih untuk hipertiroid telah terbukti efektif dan manjur dan banyak digunakan hingga saat ini. 

#3 Bawang putih mengandung yodium yang tinggi, hal tersebut membuatnya menjadi obat yang sangat efektif untuk hipertiroid. Pengobatan dengan bawang putih untuk hipertiroid telah terbukti efektif dan manjur dan banyak digunakan hingga saat ini.

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

#4 Bawang putih juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati gejala impotensi. Ada baiknya sebelum Anda pergi ke dokter untuk mengobati gejala impotensi, Anda mencoba terlebih dahulu mengkonsumsi bawang putih lebih banyak selama beberapa bulan, Anda akan melihat hasilnya yang lebih efektif.

#5 Penyakit kardiovaskular juga dapat dikurangi dengan rutin mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi kolesterol dan plak aorta yang ada pada dinding pembuluh darah tubuh Anda. Penelitian telah membuktikan bahwa bawang putih juga bermanfaat dan berkhasiat untuk penyakit jantung.

#6 Bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi jamur dan infeksi akibat bakteri. Caranya adalah dengan mengambil bawang putih, lalu memarkan dan oleskan pada daerah yang terinfeksi jamur. Ketika dihancurkan atau dimemarkan, bawang putih akan melepaskan Allicin yang merupakan senyawa sulfat dan antibiotik alami.

#7 Bawang putih merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu pertumbuhan sel-sel baru. Vitamin B6 juga dapat membantu menghilangkan stres dan membuat suasana hati menjadi lebih ceria.

#8 Kandungan vitamin B6 yang dimiliki bawang putih juga dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker. Kanker kandung kemih, kanker prostat, kanker payudara, kanker usus dan kanker perut semuanya dapat hilang ketika diobati dengan menggunakan bawang putih.

#9 Bawang putih juga bermanfaat untuk mengatur kadar insulin dalam darah. Hal ini berguna untuk membantu mengendalikan penyakit diabetes. Jika Anda percaya penggunaan bawang putih bisa mengendalikan penyakit diabetes ini, disarankan harus dengan resep dan pengawasan dokter.

Walaupun banyak manfaat dan khasiat bawang putih untuk kesehatan, tetapi tidak boleh mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan, karena dapat mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Sifat bawang putih yang bisa masuk ke dalam aliran darah, jika mengkonsumsinya berlebihan akan dapat menyebabkan bau badan ketika Anda berkeringat.

Selain itu, mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan juga dapat menyebabkan bau mulut. Rutin mengkonsumsi bawang putih tetapi tetap dalam dosis yang dianjurkan dan tidak berlebihan adalah cara terbaik untuk mendapat manfaat dan khasiat bawang putih yang lebih nyata untuk kesehatan Anda. 

Sumber: Manfaat bawang putih
Advertisemen